Setelah pandemi COVID-19 melanda, Budi dan keluarganya semakin kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mereka tidak memiliki akses internet atau telepon seluler untuk melakukan pemeriksaan BLT Bansos melalui website atau SMS. Namun, mereka berhasil mendapatkan informasi tentang call center yang dapat mereka hubungi.
Budi menghubungi call center dan memberikan informasi yang diminta. Setelah beberapa saat, petugas call center memberitahu bahwa keluarga Budi memenuhi syarat untuk menerima BLT Bansos. Mereka kemudian diarahkan ke kantor desa untuk mengurus administrasi dan menerima bantuan.
Contoh Kasus 2: Pekerja Informal yang Kehilangan Penghasilan
Di kota besar Jakarta, terdapat banyak pekerja informal yang menggantungkan hidupnya dari pekerjaan harian. Salah satunya adalah Rina, seorang penjual makanan keliling yang kehilangan penghasilannya akibat penurunan permintaan selama pandemi COVID-19.